30 Januari, 2010

Tiang Pancang Jembatan SuraMadu

Nah karena kebetulan sebentar lagi bakal disuguhkan tentang teknik pondasi jadi ingin tahu pondasi real yang telah dilakukan. Terpilihlah Pondasi dari jembatan terpanjang di Indonesia (Jembatan Suramadu) sebagai bahan untuk belajarnya. Dari sumbernya langsung dijabarkan perihal Pondasi di jembatan suramadu ini adalah 

Tiang Pancang 
Pemancangan Tahap Awal dan Pemancangan Selanjutnya
Pondasi yang digunakan untuk causeway adalah tiang pancang baja dengan diameter 600 mm dengan spesifkasi sesuai dengan ASTM A252 Grade 2. Panjang masing-masing pipa 12 m, dengan kedalaman pemancangan rata-rata untuk Sisi Surabaya sekitar 25 m dan sisi Madura 33 m.
Pelaksanaan pekerjaan tiang pancang ini meliputi pekerjaan pemancangan, pengisian pasir, pengisian beton tanpa tulangan dan pengisian beton dengan tulangan. Kedalaman dari masing-masing pengisian ini didasarkan atas kondisi daya dukung tanah dan penggerusan tanah (scouring).
Saat pelaksanaan 2003-2004, pemancangan di tahap awal dilakukan dengan memanfaatkan jalan kerja yang dibuat dengan menimbun, yaitu di Abutment (A0), Pilar 1-5 untuk sisi Surabaya. Sementara di sisi Madura di Abutment (A102), dan Pilar 101 sampai dengan pilar 96. Untuk pilar selanjutnya pekerjaan pemancangan dilaksanakan dengan menggunakan ponton pancang.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

AddThis

Share |