29 Mei, 2009

Tips Mencegah Kehilangan Laptop

Fiuh akhirnya bisa ngepost lagi setelah 2 hari berturut-turut pusing buat ngerjain tugas ma temen-temen di kelas sampai nginep lagi di kost c Agus, Hasan, ma Nuh . langsung aja kali ini saya mau coba menshare kepada pembaca tentang "Tips Mencegah Kehilangan Laptop". Memang tidak bisa kita pungkiri sekarang laptop itu sudah masuk kedalam barang yang sangat vital bagi sebagian orang. contohnya saya seorang mahasiswa yang jika barang ini tidak ada sehari atau bahkan seminggu bisa membuat segala tugas berantakan apalagi bagi para Profesional dalam menilai barang ini, yang sebagaian besar pekerjaan mereka ada di barang yang munggil ini, jadi jika barang ini "berpindah tangan dari kita dengan tak terduga" atau hilang itu bisa membuat stress. dalam beberapa tahun saja di kampus saya sudah sekitar 4 kasus kehilangan laptop, 2 laptop mahasiswa dan 2 lagi laptop dosen, dan sebagian besar dilakukan pada saat Sholat Jum'at, semoga yang mencuri dapat dimaafkan dosanya. ini adalah sedikit tips dari saya :

Simpan di tempat yang anda yakin aman.
Memang ini sudah menjadi keharusan, jangan pernah pernah menyimpan laptop Laptop anda begitu saja ketika anda meninggalkannya. Jika memang ingin di tinggalkan di ruangan atau kelas agak lama sebaiknya ada orang yang anda percaya untuk menjaganya, atau anda bawa saja (berat sedikit yang penting aman) , atau jika disediakan loker gunakan fasilitas itu untuk menjaga laptop tetap aman.


Jangan Pamer dan Kelihatan Mencolok saat Anda membawa Laptop.
Saat anda terpaksa harus membawa laptop dalam perjalanan anda (terutama bila anda jalan kaki) akan lebih aman bila anda membawa laptop dalam kantong/tas yang tidak mencolok (misal dalam BackPack) daripada anda menggunakan/menjinjingnya dalam Tas/Kantong Laptop yang bertulis merek laptop anda, yang tentu saja akan sangat mengundang perhatian pencuri.


Hindari Meninggalkan Laptop Anda Tanpa Pengamanan
Saat anda terpaksa harus meninggalkan Laptop anda di mobil, jangan pernah menyimpannya begitu saja di jok mobil sehingga setiap orang bisa melihatnya dari luar. Simpanlah Laptop di tempat yang tertutup rapat dan terkunci, misal anda bisa menyimpannya di bagasi mobil, dengan demikian aksi pencurian pun bisa dicegah seminimal mungkin.


Beri tanda-tanda Pengenal pada Laptop Anda
Hal kecil namun setidaknya bakal membuat pencuri berpikir ulang untuk mencuri laptop anda, dengan memberikan tanda-tanda pengenal sederhana misal sticker, barcode atau grafiti di laptop anda. Seperti kita ketahui, seorang pencuri biasanya mencuri laptop untuk langsung menjualnya kembali, nah tanda-tanda pengenal tersebut akan membuat laptop anda kurang diminati oleh si pencuri.


Install Software Untuk Melacak Pencuri Laptop
Install lah software tracking seperti Adeona atau LocatePC yang akan sedikit membantu anda dalam melacak posisi Laptop bila suatu saat Laptop anda dicuri oleh pencuri. Cara Kerja software tracking seperti LocatePC/Adeona sangat sederhana, saat si pencuri mencuri laptop anda dan menggunakannya untuk internetan misal untuk mengirim email atau browsing, secara otomatis LocatePC/Adeona bakal mengirimkan informasi tentang IP Address dimana laptop anda terkoneksi, nama wireless network yang digunakan untuk koneksi internet (Hotspot Wifi) dan bahkan photo. Semua informasi tersebut akan secara otomatis dikirim ke email anda tanpa disadari oleh si pencuri. Software tracking ini hanya berfungsi dan berjalan, jika laptop anda terkoneksi ke internet dan tentunya si pencuri belum menginstal ulang laptop anda.

Mungkin hanya seperti itu tips dari saya dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi pembaca. Dan semoga kita dapat membuat lapangan para pencuri tambah sempit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

AddThis

Share |