05 Mei, 2009

Hanya 4% Lagi, Jembatan SuraMadu Selesai

Menjelang target akhir selesainya pembangunan Jembatan Nasional Surabaya-Madura (Suramadu) Juni mendatang. Kerja keras makin terlihat dilokasi proyek jembatan terpanjang di Indonesia tersebut. Meskipun fenomena tersebut sudah tampak terlihat saat pembangunan mulai terkonsentrasi pada fisik bentang tengah yang merupakan induk jembatan tersebut, namun akhir-akhir ini volume kerja keras tersebut makin meningkat.

Jika saat kunjungan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (23 Maret), saat itu progress pembangunan baru mencapai 93,00%. Saat ini (periode 25 April) progress pembangunan jembatan sudah mencapai 96,28% atau kurang sekitar 4% lagi.

Kepala Satuan Kerja Sementara (SKS) Pembinaan Proyek Pembangunan Jembatan Nasional Suramadu, Ir Yudha Handita MT MBA mengatakan, rincian progress yang kurang 4% tersebut, meliputi sisi Surabaya Causeway, jalan pendekat, dan pembebasan lahan semuanya sudah 100%. Sisi Madura Causeway dan pembebasan lahan 100%, sedangkan pembangunan jalan pendekat 94,11%. Bentang tengah yang kini pembangunannya menjadi infrastruktur terakhir progress pelaksanaan Cable Stay 95,89% dan dua Approach Bridge baik di Madura dan Surabaya 91,05%.

Terhadap progress yang sudah mencapai nilai tersebut, berbagai upaya menjelang pemanfaatan jembatan kini terus dilakukan. Diantaranya berbagai kegiatan sosialisasi, baik sosialisasi tentang pengaturan lalulintas jalan akses menuju jembatan, maupun sosialisasi terkait teknologi dan hal-hal lain yang harus diperhatikan masyarakat selama di lokasi jembatan.

Salah satu yang telah dilakukan dalam minggu ini, yakni sosialisasi di stasiun radio di Surabaya. Rencananya, sosialisasi tersebut juga akan dilakukan melalui beberapa radio di Pulau Madura.

Hingga saat ini, pengaturan lalulintas di jalan akses sisi Surabaya sudah dilakukan secara otomatis, yakni memanfaatkan lampu traffic light. Dengan cara tersebut masyarakat pengguna jalan kini tampak terlihat mulai tertib dan lebih mematuhi arus lalulintas masuk jalan akses Jembatan Nasional Suramadu.

Sebagaimana ditargetkan pelaksana proyek, bahwa akhir April sebagian infrastruktur Approach Bridge (AB) di sisi Surabaya akan mulai tampak terlihat sempurna. Kesempurnaan tersebut didapat dari akan mulai tersambungnya antar pilar pada AB di sebelah timur. AB adalah jembatan penghubung ke bentang tengah dari Causeway baik di sisi Surabaya maupun Madura. Pada AB tersebut, “Saat ini pilar 36 di Causeway sisi Surabaya dan pilar 37 di AB sisi Surabaya sudah tersambung,” katanya.

Sedangkan di AB sisi Surabaya di sebelah barat, pelaksana proyek masih memastikan akan selesai tersambung pada akhir Mei. Target tersebut berdasarkan hitungan volume penyelesaian kerja, dimana dalam setiap penyelesaian satu segmen rata-rata waktu yang dibutuhkan berkisar 7-8 hari. Hingga saat ini, jarak yang belum tersambung antar pilar pada AP tersebut masih kurang 16 meter atau empat segmen. (Tim Suramadu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

AddThis

Share |